Pantai Setrojenar berada di Desa Setrojenar, Kec. Buluspesantren, Kab. Kebumen sekitar 50 Km dari kota Kebumen ke arah selatan merupakan salah satu pantai selatan dipulau Jawa.
Pantai ini memiliki ombak yang besar dan pemandangannya lumayan indah, di tepi pantai banyak terdapat pohon nyamplung. 

Pantai ini juga merupakan kawasan LABORATORIUM TNI AD dan KAWASAN UJI COBA SENJATA/ LATIHAN TNI AD.
Saat memasuki wilayah menuju pantai ini, kita akan disuguhi berbagai tanaman pertanian dikiri kanan jalan yang ditanam penduduk Setrojenar. Biasanya buah semangka, tebu dan yang sekarang sedang menjadi andalan adalah buah pepaya yang hasilnya saat ini sudah merambah ekspor pasar Filipina dan Malaysia.

Pada hari-hari tertentu di kawasan pantai Setrojenar juga digelar berbagai event baik hiburan musik, lomba maupun acara tradisi warga Setrojenar.

Tradisi Sambut Lebaran
Diantara potensi wisata desa ini adalah keberadaan pantai berikut pertanian tanaman hortikultur yang akan dan terus berkembang. Tingkat kunjungan wisata di desa ini relatif tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan sehari-harinya pun selalu saja ada orang berkunjung, terutama pada pagi dan senja. Pesona sunrise dan sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.
Bagi wisatawan lokal, kurang lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke Pantai Setrojenar, apalagi bila saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tradisi mandi di pantai ini menjadi ajang wisata menarik setiap tahunnya.
Daya tarik lain adalah kuliner pecel dan peyek kumbang pasir (undur-undur) yang merupakan kekhasan menu wisata desa. Ada juga stand-stand yang menjual aneka pakaian. Di tempat ini juga anda bisa menikmati makanan Khas Kebumen lainnya yakni Sate Ambal yang sudah terkenal nikmatnya.
Terdapat 2 fasilitas mushola dan toilet umum, bebarap fasilitas lainnya diantaranya permainan anak-anak dengan kolam renang mini air tawar. Fasilitas kolam renang mini yang dapat dibongkar-pasang ini bahkan terdata 21 kolam jumlahnya. Keberadaan kolam renang ini ditengarai sebagai upaya cerdas warga dalam menekan angka korban hanyut di laut. Anak-anak dapat sepuasnya mandi di kolam air tawar yang sangat jernih hasil penyaringan pasir alam yang belum dieksploitasi pertambangan.

Fasilitas hiburan lain ada kereta kelinci, dremolem ala pasar malam berikut rumah hantu dan komidi putar, serta sewaan kuda, juga tersedia.
Selain wisata pantai yang menjadi obyek wisata utama kita juga bisa menikmati agro wisata tanaman pepaya dan semangka bila kita menuju ke kawasan Setrojenar.

Bentangan lahan semangka yang dibudidayakan petani lahan pasir ini juga bisa langsung dinikmati bila sedang musim buah. Semangka ini dapat dipetik sendiri oleh pengunjung langsung di lahan atau dapat diperoleh dengan membelinya di dangau tepian jalan. Semua ini merupakan aktivitas budaya warga desa yang akan terus dilestarikan.